Tuesday

Bagaimana Cara Kerja GPS?

Tidak diragukan lagi bahwa perkembangan teknologi telah mencapai ke tahap yang lebih baik. Semua bentuk komunikasi dan informasi dapat di peroleh secara instant dalam bentuk digital. Salah satu contohnya yaitu sistem GPS atau Global Positioning System. GPS sangat berperan penting dalam menerjemahkan lokasi tempat dimanapun anda berapa. Dengan mengandalkan 24 satelit yang mngorbit di bumi, GPS dapat di gunakan hampir di seluruh belahan dunia.

Pernakah anda berpikir bagaimana cara kerja GPS? Bagaimana bisa suatu sistem di rancang untuk mengetahui tempat makan favorit, tempat belanja atau lokasi wisata terdekat hanya dengan mengunakan sebuah device berukuran segenggam tangan?.Sebelum membahas tentang cara kerja GPS, terlebih dahulu kita lihat sejarah munculnya GPS.

GPS (Global Positioning System) adalah sebuah peralatan navigasi yang pada awalnya didesain sebagai akibat permasalahan pasukan Amerika serikat dalam menghadapi perang Vietnam. Salah satu kesulitan utama yang dialami pasukan di darat adalah bagaimana mereka selalu saling mengetahui posisi satu sama lain, terutama pada saat berada jauh di dalam hutan lebat.  Mereka saat itu hanya mengandalkan sistem radio yang disebut LORAN system untuk mengetahui posisi.

Sistem GPS benar-benar beroperasi pada saat dimulainya Perang Teluk pada tahun 1990.   Sistem satelit blok 1 diluncurkan sebagai tambahan atas blok 2 yang sudah terlebih dahulu diorbitkan.   Total satelit yang diorbitkan adalah 21 satelit, utnuk menyediakan sistem GPS di seluruh dunia, dengan kemampuan pengiriman data setiap saat. 

Bagaimana Cara Kerja GPS?

Untuk memanfaatkan GPS, kita harus menggunakan alat penerima GPS (GPS receiver). Alat ini akan menunjukkan lokasi kita dalam format koordinat, seperti pada peta biasa. Jika kita perhatikan, setiap peta selalu dilengkapi dengan garis-garis melintang dan membujur. Berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur itulah kita menentukan letak suatu tempat. Nah, GPS juga memiliki koordinat serupa yang disebut waypoint. Tentu saja, waypoint pada GPS lebih teliti dan lebih akurat ketimbang koordinat peta.

Bagaimana cara alat penerima GPS bisa menampilkan koordinat kita? Metode yang digunakan sebenarnya sangat sederhana. Jika penerima GPS di tangan kita mengetahui jarak antara lokasi kita dan 3 buah satelit GPS, serta mempunyai informasi tentang posisi satelit-satelit tersebut, maka lokasi kita dengan gampang dapat dihitung. Agar lebih jelas, simak kisah berikut.

Budi ingin datang ke pesta ulang tahun Ani di Gedung G. Sayangnya, Budi tidak tahu di mana letak gedung itu. Ia hanya punya informasi bahwa Gedung G terletak 10 km dari Universitas X, 15 km dari Pasar Y dan 20 km dari Terminal Z. Budi tak kurang akal. Ia menggambar tiga lingkaran yang berpusat di Universitas X, Pasar Y dan Terminal Z, masing-masing dengan radius 10, 15 dan 20 km. Di titik perpotongan ketiga lingkaran itulah terletak Gedung G.

Para pengguna jasa GPS bisa mendapatkan/membeli receiver GPS, tentunya tipe SPS untuk bisa mengakses pancaran satelit.  Untuk receiver GPS sendiri bermacam-macam jenisnya, sehingga para pengguna bisa menentukan mana yang lebih disukai.   Pada saat pertama kali dikeluarkan, peralatan ini mempunyai harga yang mahal.   Namun pada saat sekarang sekarang harganya sudah relatif murah.


Referensi :

http://lanibin.millahibrahim.net/?p=291
http://aapulsa.blogspot.com/2011/03/cara-kerja-gps-global-positioning.html
http://subari.blogspot.com


No comments:

Post a Comment