Tuesday

Belajar Affiliate Marketing

Banyak orang yang mencari keuntungan lewat internet, salah satu yang paling mudah yaitu affiliate marketing. Bagi teman-teman yang belum tahu tentang affiliate marketing berikut saya jabarkan sedikit definisinya. Affiliate marketing atau biasa di sebut affiliasi adalah suatu teknik pemasaran online dengan cara mempromosikan produk orang lain. Kita tidak harus memiliki produk untuk mendapatkan komisi, cukup dengan mempromosikan produk orang lain, kita akan mendapat komisi beberapa persen dari hasil penjualan produk tersebut tergantung dari perjanjian affiliasi yang di buat oleh vendor.

Produk yang di jual bermacam-macam jenisnya, dapat berupa produk digital atau produk fisik. Yang di maksud produk digitak yaitu berupa downloadable content seperti how-to ebook, software, training online, seminar online dan sebagainya. sedangkan produk fisik dapat berupa baju, tas, sepatu dll.

Untuk memulai affiliate marketing, terlebih dahulu mendaftarkan diri pada situs-situs third parties seperti clickbank, clicksure, paydotcom dll untuk produk digital, sedangkan untuk produk fisik anda dapat mendaftarkan diri pada Commission Junction, amazon, ebay dll.

Setelah mengsign-up barulah kita mencari produk yang akan kita promosikan di marketplace. Tips untuk memilih produk yang bagus yaitu dengan melihat gravity dan komisi yang akan kita dapatkan jika produk tersebut di jual. Semakin tinggi gravity suatu produk, maka semakin laku produk tersebut di pasar internet. Karena itu menandakan high convertion sales page pada produk tersebut.

Ada banyak cara untuk mempromosikan barang lewat internet yaitu, menggunakan advertisement, social media, dan search engine. Jika anda memilih promosi secara free, maka option yang paling tepat yaitu menggunakan search engine. Selain mendapatkan prospek pelanggan yang tepat, anda juga bisa mendapatkan banyak traffic dari search engine.

untuk memulai promosi produk, anda terlebih dahulu harus memiliki website atau blog. Selanjutnya anda akan melakukan optimasi pada website atau blog anda sehingga dapat menempati posisi pertama pada google search. Ada banyak teknik yang dapat di lakukan, untuk mengetahui lebih lanjut carilah SEO pada google dan anda akan mendapatkan beberapa referensi tentang optimasi website pada search engine.

Pendek kata, jika anda mulai terjun pada bisnis internet, pilihan yang paling bagus yaitu dengan mencoba affiliate marketing. Keuntungan yang di dapat sangatlah menggiurkan. Selain itu, anda tidak harus mengurusi proses pengiriman barang atau proses pembuatan produknya, anda tinggal memasukkan affiliate link dan anda pun siap mendapatkan keuntungan.

Selamat Mencoba :D




No comments:

Post a Comment